8 Resiko Bisnis Rental Mobil dan Cara Mengatasi yang Wajib Diketahui

Resiko merupakan konsekuensi yang harus di ambil ketika seseorang memutuskan sesuatu. Bagi anda para pengusaha pasti sudah mengenal manajemen resiko, bagaimana cara memanage resiko yang mungkin terjadi pada bisnis anda sehingga memperkecil kerugian yang mungkin akan anda tanggung. Dalam bisnis apapun, resiko pasti ada. Bayang-bayang kegagalan dan kerugian juga pasti selalu ada. Tinggal bagaimana cara kira mengolahnya agar tidak terjebak dalam pusaran tersebut.

Baca Juga :

Resiko Bisnis Rental Mobil

Bagi anda yang akan mulai berbisnis pasti saat ini sedang bingung menentukan jenis bisnis apa yang akan anda geluti. Yang perlu anda garis bawahi adalah bahwa setiap bisnis memiliki resikonya masing-masing. Itulah yang harus anda pahami dengan baik. Karena kita tidak bisa mengelak atau menghindar dari resiko tersebut maka yang harus kita lakukan adalah meminimalisirnya. Bagaimana caranya? Caranya dengan observasi.

Menurut Nawawi & Martini, observasi merupakan pengamatan sekaligus pencatatan yang dilakukan secara sistematik yang terdiri dari unsur-unsur yang muncul dalam suatu gejala-gejala yang ada dalam objek penelitian. Hasilnya akan dilaporkan dalam sebuah laporan yang disusun sistematis sesuai dengan aturannya. Dalam hal ini yang diteliti adalah jenis bisnis. Ketika anda mengobservasi sebuah jenis bisnis, lakukanlah dengan sungguh-sungguh. Cari tahu kekuatan dan kelemahan dari bisnis yang akan anda lakukan. Cara atau kiat-kiat membuat usaha anda melejit dan menguntungkan.

Artikel Terkait :

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu bisnis, yaitu Bisnis Rental Mobil. Sebagai bahan observasi bagi anda semua yang akan mulai berbisnis, artikel ini akan membahas mengenai resiko dari bisnis rental mobil. Dalam bisnis rental mobil ada beberapa resiko yang perlu diwaspadai oleh para pelaku bisnisnya. Diantaranya :

  1. Pencurian mobil oleh oknum yang tidak bertanggung jawab
  2. Pelanggan tidak membayar jasa sewa
  3. Dipakai lebih lama dari perjanjian awal tanpa pemberitahuan
  4. Mobil ditinggalkan di sembarang tempat
  5. Mobil hilang karena keteledoran pelanggan
  6. Pelanggan menggunakan mobil untuk tindak kejahatan
  7. Pelanggan merusak fasilitas mobil
  8. Terjadi kecelakaan

Sebenarnya, masih banyak lagi kemungkinan resiko dari bisnis mobil ini. Tapi, setiap resiko atau setiap masalah pasti ada jalan keluarnya bukan? Nah, selain membahas resiko bisnis ini, artikel ini akan membahas pula bagaimana cara meminimalisir resiko bisnis yang sudah disebutkan tadi.

Baca Juga :

Cara Meminimalisir Resiko yang Tidak Diinginkan

Untuk meminimalisirnya, anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini :

1. Administrasi Bisnis rental yang rapi dan sistematis

Sistem administrasi merupakan alat yang penting dalam bisnis apapun. Tanpa administrasi, sebuah bisnis atau organisasi sekalipun tidak akan berjalan. Dengan adanya administrasi yang baik, maka bisnis anda akan berjalan dengan baik pula. Karena dalam administrasi, kita dapat mengetahui perkembangan bisnis kita, atau kita dapat melihat riwayat penyewaan mobil yang ada pada usaha kita. Dengan administrasi pula, tindakan korupsi dapat tertangkap.

2. Membangun kerjasama atau relasi dengan pengusaha rental lainnya

Relasi adalah kunci dalam melakukan bisnis. Banyak sekali manfaat yang dapat kita dapatkan dalam sebuah bentuk kerja sama. Salah satu manfaatnya adalah anda dapat mengantisipasi setiap tindak kejahatan atau tindak kriminalitas yang dilakukan oleh calon pelanggan. Pada umumnya, setiap pelaku bisnis yang sama selalu memiliki komunitas atau asosiasi sendiri. Untuk mencapai poin ini, yang harus anda lakukan adalah bergabung dalam komunitas atau asosiasi tersebut. Bisanya terdapat si seluruh kota atau daerah. Pada bisnis ini, bisnis rental mobil ini, akan lebih menguntungkan jika kita melakukan kerja sama dengan pihak berwajib seperti POLRI. Yang akan sangat membantu ketika ditemukan tindak kejahatan.

Baca Juga :

3. Melakukan penilaian pada setiap calon pelanggan

Sistem penyewaan mobil pada saat ini bisa dilakukan secara online dengan sistem booking. Tapi tetap bisa melakukan menyewaan secara langsung ke tempat usaha. Nah, pada saat itulah anda sebagai pelaku bisnis melakukan penilaian pada setiap calon pelanggan anda. Anda dapat dan berhak melakukan penilaian dari sikap dan tutur katanya. Ajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan tujuan penyewaan mobi. Misalnya, “Mobil yang disewa akan digunakan untuk apa?” dari jawaban-jawaban yang diutarakan pelanggan dan jawaban atas pertanyaan lain, anda dapat menilai apakah pelanggan ini beresiko merugikan usaha anda atau tidak. Tapi, ketika melakukan penilaian, anda harus hati-hati dan jangan sampai menyinggung perasaan pelanggan.

4. Membuat sistem keamanan dalam peminjaman mobil

Sistem keamanan yang dimaksud di sini adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon pelanggan agar dapat melakukan penyewaan mobil di tempat anda. Anda harus benar-benar jeli untuk memilih syarat apa saja yang anda ajukan, jangan sampai malah membuat ribet dan merepotkan calon pelanggan. Gunakan persyaratan standar namun bijak.

5. Menambahkan piranti / technology untuk melacak keberadaan barang

At least but not least, anda bisa menambahkan sebuah sistem keamanan lain pada mobil anda berupa alat pelacak. Cara ini lumayan memakan biaya karena alat pelacak mobil dipasaran tidak dijual dengan murah. Sekiatr 2 juta – 3 juta setiap satu unit. Itu berarti anda harus merogoh kocek minimal 10 juta untuk 5 unit mobil sewaan anda. Hal ini boleh saja tidak anda lakukan jika anda merasa aman setelah menjalankan ke-empat cara sebelumnya. Namun, ada baiknya jika anda memasang piranti ini untuk meningkatkan keamanan.

Baca Juga :

Nah, begitulah artikel seputar resiko dari bisnis rental mobil. Bagi anda yang sedang bingung untuk bergelut dalam bisnis apa, mungkin setelah mengobservasi bisnis rental mobil melalui artikel ini, anda dapat sedikit pencerahan.

Dan bagi anda yang sedang membutuhkan jasa sewa rental mobil di daerah medan yang sudah terpercaya dan dapat anda temui di alamat : Jl. Setia budi no.479 C/D Tanjung Sari, Medan, atau melalui kontak telepon 08116081114 dan Pin BB 54149A82. (Artikel Terkait : Daftar harga rental mobil di Medan Emma Rent Car)

, , ,
Hubungi Kami
kontak

Emma Rental Mobil Medan

Jl. Setia Budi no.479 C/D
Tanjung Sari Medan, Indonesia
Email : ermaluita77@gmail.com
Phone : 08116081114
Pin BB : 54149A82
Order Online

Nama *

No. Telp *

Email *

Tipe Mobil (yang ingin dirental)*

Tanggal Mulai Rental*

Tanggal Akhir Rental*

Pesan Tambahan