9 Keuntungan Usaha Rental Mobil dan Strategi Marketingnya

Bisnis rental merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan jika kita dapat mengelolanya dengan baik. Usaha rental mobil dapat dikatakan sebagai sebuah usaha yang tidak pernah sepi dan selalu punya segmentasinya sendiri. Keuntungan yang dapat anda dapatkan sangat menggiurkan.

Kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan untuk membuat usaha ini semakin maju dan memiliki cakupan yang lebih luas. Untuk mendapatkan keuntungan yang besar, maka pelaku usaha haruslah memikirkan segala hal dengan cermat. Keuntungan sangat berkaitan dengan modal yang kita keluarkan saat memulai usaha. Jika kita ingin mengetahui keuntungan yang bisa kita dapatkan, kita perlu menganalisa modal usaha yang kita keluarkan. Dengan begitu kita bisa tau gambaran mengenai keuntungannya. Analisa modal baiknya dilakukan sebelum kita memulai usaha.

Keuntungan yang didapatkan dari sebuah usaha rental mobil jelas bermacam-macam, tergantung dari besar usaha yang kita jalankan. Semakin besar dan banyak armada yang kita punya jelas keuntungan yang bisa masuk ke kantong kita juga semakin besar. Baca juga: Cara Bisnis Rental Mobil.

Katakanlah dengan investasi awal sebesar Rp 70.700.000,- dan biaya operasional yang dibutuhkan selama satu bulan sebesar Rp 4.000.000,-. Berapa lama sehingga kita dapat mendapatkan kembali modal kita?

Jika selama satu bulan anda mendapatkan 30 kali penyewaan mobil dengan masing-masing harga penyewaan sebesar Rp 1.000.000,- maka omset dalam satu bulan adalah sebesar Rp 30.000.000,- dan laba yang diperkirakan kira-kira separuh dari total omsetnya, yakni Rp 15.000.000,-. Laba yang telah dihitung dikurangi biaya operasional selama satu bulan sebesar Rp 4.000.000,-. Maka hasilnya adalah Rp 11.000.000,- . Selama  satu bulan kita dapat menghasilkan Rp 11.000.000,- maka waktu yang kita butuhkan untuk balik modal adalah kurang lebih 7 bulan.

Memang bukan hal yang mudah untuk menganalisa keuntungan bisnis yang kita jalankan. Apalagi dengan modal usaha yang dapat dikatakan besar. Namun kurang lebih demikian, jika anda akan memulai berbisnis maka anda harus benar-benar memastikan berapa keuntungan yang bisa anda dapatkan. Selain perhitungan balik modal di atas, yang perlu kita pikirkan dengan cermat adalah potensi keuntungan rental mobil lainnya, seperti:

1. Penggunaan armada baru atau bekas

Hal ini jelas berdampak pada keuntungan kita sebagai pelaku bisnis. Mobil kondisi baru jelas lebih mahal dibandingkan dengan harga mobil bekas. Sebenarnya, kita dapat mendapat keuntungan yang lebih besar jika menggunakan armada baru. Dengan catatan, pelanggan lebih menyukai mobil / armada dengan kondisi yang baru. Dalam hal ini anda harus memutuskan dengan bijak dan melakukan analisanya terlebih dahulu.

2. Pembelian armada secara kredit atau cash

Pembelian armada secara kredit dapat kita lakukan jika kita terhambat faktor modal. Namun, kita memiliki beban angsuran setiap bulannya, dan hal ini justru menjadi beban setiap bulan yang harus kita bayarkan. Lebih baik jika kita membeli armada secara cash. Mengapa? Karena resiko berhubungan dengan debt collector hilang dan kita tidak memiliki beban tambahan diluar biaya operasional setiap bulannya. Hanya saja perlu modal yang besar jika ingin membeli armada secara cash.

3. Modal atau investasi awal kita

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa modal sangat berhubungan dengan keuntungan usaha rental mobil yang akan kita dapatkan. Besarnya misal juga menentukan berapa lama kita dapat mencapai nilai Break Event Point (BEP).

4. Hambatan atau resiko usaha

Resiko dari setiap usaha pasti ada. Yang perlu kita lakukan hanya mencari cara agar dapat meminimalisir kemungkinan-kemungkinan resiko atau kerugian yang kita dapatkan. Salah satu Resiko dari usaha rental mobil adalah kehilangan atau mobil dicuri dan jelas ini merupakan sebuah kerugian yang besar bagi perusahaan. Dengan kata lain, bukannya untung malah buntung.

Baca Juga :

Strategi Marketing Rental Mobil

Untuk mengoptimalkan keuntungan usaha rental mobil, kita juga harus melakukan strategi marketing yang baik. Strategi yang dimaksud adalah :

  1. Pemilihan lokasi yang strategis, artinya lokasi yang dipilih sebagai tempat usaha haruslah memiliki prospek yang bagus dan dapat dengan mudah diakses oleh calon pelanggan.
  2. Marketing yang baik, promosi yang dilakukan untuk memperkenalkan usaha kita harus dilakukan secara masif dan berkala agar usaha kita dikenal dan secara tidak langsung juga menaikkan brand usaha kita.
  3. Pemilihan armada yang bagus dengan biaya perawatan yang relatif murah, sebab perawatan dilakukan secara berkala dan terus menerus sehingga perlu disiasati dari segi perawatan tanpa mengurangi kualitas armadanya sendiri.
  4. Gunakan asuransi.
  5. Bangun jaringan bisnis yang luas, semakin luas jaringan kita di dunia bisnis yang kita geluti maka semakin besar pula kesempatan usaha kita untuk berkembang lebih pesat. Maka, bergabunglah dengan komunitas atau perkumpulan orang-orang dengan bisnis yang sama agar dapat saling belajar satu sama lain mengenai bisnis anda.

Nah, dengan cara-cara diatas kita dapat mengoptimalkan keuntungan yang mungkin akan kita dapatkan dari usaha kita. Dan bagi anda yang sedang membutuhkan jasa sewa rental mobil di daerah Medan, yang sudah terpercaya dan profesional, silahkan hubungi Emma Rental Mobil di nomer yang tertera pada kontak website.

, , , ,
Hubungi Kami
kontak

Emma Rental Mobil Medan

Jl. Setia Budi no.479 C/D
Tanjung Sari Medan, Indonesia
Email : [email protected]
Phone : 08116081114
Pin BB : 54149A82
Order Online

Nama *

No. Telp *

Email *

Tipe Mobil (yang ingin dirental)*

Tanggal Mulai Rental*

Tanggal Akhir Rental*

Pesan Tambahan