7 Cara Memulai Bisnis Rental Mobil Rumahan

Tips dalam memulai usaha rental mobil sangat anda butuhkan karena dapat membantu anda semua yang tengah bergulat dalam bisnis satu ini.  Para pengusaha di bidang apapun harus memiliki cara berfikir yang out of the box dan kreatif sehingga apapun usaha yang dijelaskan selalu memiliki tempat di masyarakat.

Yang perlu anda ketahui bahwa bisnis rental mobil memiliki prospek yang besar dan bagus. Namun, tidak sedikit pula para pengusaha di bidang usaha ini terpaksa harus gulung tikar dan berpaling dari usaha ciamik satu ini.

Baca Juga :

Artikel ini akan membahas seputar cara memulai bisnis rental mobil bagi anda yang baru saja memulai bisnis di bidang ini. Simak sampai tuntas ya!

1. Petakan Semua Kebutuhan Usaha

Sebenarnya, dalam memulai usaha apapun, hal pertama yang harus kita tahu adalah kebutuhan apa saja yang kita butuhkan untuk menjalankan usaha. Dalam kasus rental mobil ini, hal pokok yang tentu pastinya adalah Armada.

2. Beli Armada / Mobil Tanpa bayar Angsuran

Jika Armada yang anda butuhkan kurang untuk menjalankan usaha, maka anda bisa mengambil kredit  mobil yang sesuai dengan budget anda. Dalam kasus ini, karena anda akan memudahkan modal yang sangat besar jika harus membeli beberapa unit secara langsung dan cash, anda dapat mengambil kredit dengan hanya membayar DP untuk setiap mobil. Sisanya, untuk angsuran, anda dapat menggunakan keuntungan dari usaha yang sudah anda jalankan.

Misalkan, untuk angsuran satu buah mobil setiap satu bulan sebesar Rp 4 Juta, maka anda harus menyisihkan dana sebesar 4 juta untuk angsuran setiap bulannya. Hal ini jelas bisa dengan perhitungan bahwa harga sewa mobil sebesar Rp 400.000 untuk satu mobil dan asumsi dalam satu bulan terdapat 10 kali transaksi penyewaan. Maka Angsuran tertutupi, dan anda tetap akan mendapatkan keuntungan. Apalagi pada hari libur atau hari-hari besar nasional.

Artikel Terkait :

3. Memilih Jenis Mobil yang tepat

Seperti yang sudah disinggung pada artikel-artikel sebelumnya, bahwa anda sebagai pengusaha harus dapat memberikan kenyamanan pada customer. Para pelanggan cenderung lebih memilih tipe mobil-mobil tertentu untuk disewa. Jenis Mobil yang paling banyak disukai adalah Xenia dan Avanza. Hal ini dikarenakan Kedua mobil tersebut dapat memuat penumpang lebih banyak (hingga 7 orang) dan lebih nyaman dibandingkan jenis mobil lainnya.

4. Mobil Nyaman Tidak Harus Baru

Dalam memilih armada anda tidak perlu membeli armada baru dengan harga selangit. Karena mobil nyaman itu tergantung pada perawatan yang kita lakukan. Banyak mobil bekas yang dijual murah dengan kualitas yang bagus. Anda harus pintar-pintar mencari tempat untuk membeli armada. Namun, anda harus tetap waspada, jangan sampai kena tipu, atau membeli mobil hasil curian.

5. Promosi

Sebagai usaha baru, anda harus ekstra bekerja keras dalam hal promosi atau memasarkan usaha yang anda jalankan. Bagaimanapun usaha rental mobil itu sudah banyak dan bagaimana cara anda menarik customer supaya memilih jasa anda dibandingkan pendahulu anda yang lainnya. Anda dapat melakukan promosi menggunakan media informasi (flyer) atau menggunakan jejaring sosial (Facebook, Twitter, Instagram, Blog, Iklan Web, dll). Bahkan, jika anda memiliki budget lebih, anda dapat menggunakan jasa iklan di Radio daerah tempat usaha anda dijalankan. Semuanya diserahkan dan disesuaikan dengan budget promosi yang anda miliki. Budget Promosi harus dianggarkan secara khusus agar usaha anda dapat dikenal banyak orang dan akhirnya memiliki banyak pelanggan.

Baca Juga :

6. Perluas Jejaring Bisnis

Jejaring bisnis merupakan hal yang penting. Sebagai pendatang baru, anda harus bekerja keras mencari rekanan bisnis yang dapat membantu anda mengembangkan usaha menjadi lebih besar. Anda dapat bekerja sama dengan perusahaan, karena biasanya sebuah perusahaan besar selalu memiliki agenda liburan dan membutuhkan armada yang banyak untuk menampung karyawannya selama liburan. Selain dengan perusahaan, anda dapat menjalin relasi dengan orang-orang di Institusi pendidikan. Karena seperti kita ketahui bahwa instansi pendidikan memiliki agenda perjalanan wisata setiap tahunnya, anda dapat memanfaatkan kesempatan itu untuk melipat gandakan keuntungan anda. Semakin luas jejaring bisnis anda, maka semakin luas pula jangkauan pasar anda.

Baca Juga :

7. Selalu Positif dan Berdoa

Sebuah usaha akan mengalami naik turun. Yang anda harus lakukan adalah tetap berpikir positif. Yakin bahwa usaha anda akan berkembang dan maju. Jangan lupa berdoa dan dekatkan diri pada Tuhan YME agar anda dan usaha yang anda jalankan selalu berada dalam lindunganNya.

Baca juga :

Nah, demikian cara memulai bisnis rental mobil. Anda sebagai calon pengusaha harus selalu yakin bahwa hasil yang besar lahir dari sebuah ketekunan dan kerja keras. Jangan menyerah dan selalu positif dalam menjalankan bisnis apapun. Dan bagi anda yang sedang membutuhkan jasa sewa rental mobil di daerah Medan yang sudah terpercaya dan profesional, silahkan hubungi Emma Rental Mobil di nomer yang tersedia di website kami.

, , ,
Hubungi Kami
kontak

Emma Rental Mobil Medan

Jl. Setia Budi no.479 C/D
Tanjung Sari Medan, Indonesia
Email : ermaluita77@gmail.com
Phone : 08116081114
Pin BB : 54149A82
Order Online

Nama *

No. Telp *

Email *

Tipe Mobil (yang ingin dirental)*

Tanggal Mulai Rental*

Tanggal Akhir Rental*

Pesan Tambahan