7 Cara Bisnis Rental Mobil yang Aman untuk Pemula

Bisnis rental mobil merupakan satu peluang bisnis yang menjanjikan pada saat ini. Hal ini dikarenakan oleh kebutuhan kendaraan bermotor yang semakin hari semakin meningkat. Aktivitas dari produktivitas manusia yang kian meningkat inilah yang membuat kebutuhan akan sesuatu yang instan juga meningkat. Hal instan di sini maksudnya sesuatu yang dapat dengan mudah dan cepat kita lakukan. Contohnya seperti merebus mie instan untuk kebutuhan pangan.

Para pelaku bisnis pada jaman sekarang banyak yang kreatif, apalagi dalam hal transportasi. Banyak yang membuka jasa ojek atau taksi online seperti gojek atau grab. Hal ini tentunya menjadi tantangan sendiri jika kita ingin membuka bisnis rental mobil.

Baca Juga :

Namun demikian, meski sudah maraknya armada transportasi online, bisnis rental mobil tetap punya segmentasinya sendiri. Kasarnya bisnis rental mobil tidak dapat dibandingkan dengan bisnis transportasi online, meski tetap dikatakan sebuah ancaman. Nah, Kali ini kita akan membahas bagaimana caranya memulai bisnis rental mobil yang aman dan menjanjikan. Penasaran? Yuk simak tulisan di bawah ini.

Cara bisnis Rental Mobil

Apa sih yang harus kita persiapkan dan kita ketahui tentang cara bisnis rental mobil? Tentunya perlu riset yang dalam. Baik riset melalui literatur ataupun riset langsung pada mereka yang sudah membuka bisnis ini lebih dulu. Yang perlu diketahui dari kebanyakan pelaku bisnis dalam bidang ini adalah :

1. Lokasi Usaha

Carilah lokasi usaha yang strategis. Misalnya di tengah kota, di dekat stasiun kereta api ataupun dekat bandara. Mengapa? Karena biasanya yang membutuhkan mobil rentalan adalah orang-orang dari luar kota yang ingin melakukan perjalanan di kota tujuannya. Entah itu keperluan bisnis ataupun liburan. Nah, jika kita membuka lokasi usaha yang tidak jauh dari bandara, ataupun kereta api, ataupun pelabuhan mungkin, calon konsumen akan banyak datang ke lokasi usaha kita. Baca juga: Tempat Sewa Mobil.

2. Sistem dan Administrasi

Sistem atau administrasi dari bisnis yang kita jalankan sangatlah penting. Katakanlah bisnis kita tidak akan berjalan tanpa adanya administrasi. Administrasi yang baik akan berpengaruh pada kelancaran bisnis yang sedang dijalankan.

3. Keamanan Armada

Salah satu hal yang harus di waspadai dari usaha rental mobil ini adalah keamanan Armada. Pada artikel sebelumnya telah dibahas sedikit tentang mengurangi resiko pencurian atau kerusakan Armada. Nah, para pelaku bisnis juga dapat melakukan inovasi dalam segi keamanan dengan menerapkan sistem yang baru misalkan.

Baca juga:

4. Perawatan Armada

Calon pelanggan memiliki kecenderungan untuk memilih travel yang memiliki kualitas mobil yang baik. Kondisi mesin yang baik dan kebersihan mobil yang terjaga. Untuk hal ini, pelaku bisnis perlu mengeluarkan dana khusus untuk melakukan perawatan armada / kendaraan. Dananya bisa disisihkan dari pendapatan yang didapatkan. Pokoknya perawatan Armada menjadi salah satu hal yang penting ketika melakukan bisnis ini.

5. Biaya / Gaji Pegawai

Biaya / gaji pegawai harus disesuaikan dengan UMR tempat anda memiliki lokasi bisnis tentunya. Besar biaya pegawai bermacam-macam, tergantung kebijakan pegawai. Jangan menjalankan bisnis hanya karena menginginkan keuntungan saja, disamping itu, buatlah bisnis yang dapat membantu kondisi keuangan masyarakat sekitar tempat usaha.

6. Penetapan Tarif

Hal ini juga merupakan hal yang penting, karena selain berhubungan langsung dengan pelaku bisnis, juga berhubungan langsung dengan calon pelanggan. Tentunya para calon pelanggan selalu menginginkan harga yang terbaik. Artinya, kompensasi dari jasa yang diberikan benar-benar sebanding dengan apa yang diberikan pada calon pelanggan. Dalam hal ini pelaku bisnis perlu mempertimbangkan 3 faktor yakni :

  • Production
  • Promotion
  • Brand

Produksi yang dimaksud dalam hal ini adalah segala hal yang berhubungan dengan kegiatan teknis usaha. Seperti biaya yang dikeluarkan untuk Armada dan perawatannya. Promotion merupakan biaya promosi yang dikeluarkan untuk memperkenalkan usaha kita pada khalayak umum serta Brand yang merupakan komponen lain dalam segi penetapan harga / tarif. Tentunya, semakin terkenal usaha kita dan jam terbangnya sangat tinggi, kualitas dari usaha kita juga semakin teruji, hal ini perlu diapresiasi sehingga biasanya para pelaku bisnis yang sudah lama akan menetapkan harga yang lebih dibanding para pendatang baru.

Baca Juga :

7. Resiko dalam usaha

Tentunya di dalam sebuah usaha selalu ada resiko yang harus ditanggung. Baik yang hanya melibatkan pelaku usaha hingga hal-hal yang melibatkan dan mengancam masyarakat luas. Seperti kemungkinan terjadi kecelakaan mobil yang disewa oleh customer di jalan raya yang mengakibatkan terjadinya tabrakan beruntun. Hal ini tentunya harus di analisa sehingga kita tahu hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi ancaman atau resiko tersebut. Artikel Terkait : Resiko Bisnis Rental Mobil.

Demikianlah artikel mengenai cara bisnis rental mobil ini, semoga dapat membantu anda semua yang ingin menjalankan usaha rental mobil. Dan bagi anda yang sedang membutuhkan jasa sewa rental mobil di daerah medan yang sudah terpercaya dan dapat anda temui di alamat : Jl. Setia budi no.479 C/D Tanjung Sari, Medan, atau melalui kontak telepon 08116081114 dan Pin BB 54149A82. Untuk melihat jenis mobil dan harga yang ditawarkan silahkan baca di daftar harga rental mobil di Medan Emma Rent Car.

, , ,
Hubungi Kami
kontak

Emma Rental Mobil Medan

Jl. Setia Budi no.479 C/D
Tanjung Sari Medan, Indonesia
Email : [email protected]
Phone : 08116081114
Pin BB : 54149A82
Order Online

Nama *

No. Telp *

Email *

Tipe Mobil (yang ingin dirental)*

Tanggal Mulai Rental*

Tanggal Akhir Rental*

Pesan Tambahan